meta content='raXa6nkIfdXiFBhvXAvyw61NbnQ' name='alexaVerifyID'/> javascript:; 6 Negara surga bagi penggelap pajak ~ SHARING ILMU BARU

Selasa, 12 Juni 2012

6 Negara surga bagi penggelap pajak



 Apple akhir-akhir ini telah dituduh menggelapkan pajak oleh pemerintah Amerika Serikat. Diperkirakan besaran pajak yang seharusnya dilimpahkan kepada pemerintah AS dari Apple mencapai USD 2,4 miliar tahun lalu saja.
Namun, Apple telah menyusun strategi sehingga pajak itu tidak dibayarkan ke pemerintah AS dan masuk kantong sendiri. Caranya adalah dengan menyerahkan uang tersebut di perusahaan-perusahaan kecil di negara-negara bebas pajak atau lebih dikenal dengan tax havens countries.
Isu tentang negara bebas pajak ini memang telah menjadi isu lama. Namun, isu tersebut belum bisa ditindaklanjuti melalui perundingan tingkat internasional. Toh beberapa negara tersebut masih saja memberlakukan fasilitas bebas pajak.
AS sendiri merasa dirugikan dengan nilai pajak yang seharusnya masuk ke negara sekitar USD 190 miliar pada tahun 2009 lalu.
Menurut BBC, India juga merasa dirugikan dengan kehilangan pajak sekitar USD 500 miliar sejak India merdeka dari jajahan Inggris 1948 lalu.
Tak ketinggalan juga Indonesia yang dirugikan oleh negara-negara tersebut. Namun, hingga kini, potensi pajak yang masuk ke negara masih belum terhitung.
Perusahaan yang menggunakan negara bebas pajak sebagai kantor pengurusan keuangan biasanya terdata dalam bentuk investasi luar negeri. Seperti Mauritius yang merupakan investor terbesar di India dan British Virgin Island yang terbesar di China.
Lalu, negara mana saja yang merupakan tax havens countries? Berikut daftar negara bebas pajak menurut Tax Justice Network yang dipublikasi oleh the Economist tahun lalu.
1. Cayman Island di Karibia
Pulau indah yang terletak di kepulauan Karibia ini menjadi tempat favorit perusahaan  untuk membebaskan pajak mereka. Negara ini juga merupakan daerah jajahan Inggris yang masih belum lepas dari negara Ratu Elizabeth itu.

2. Mauritius, Madagaskar
Mauritius yang terletak dekat dengan India ini menjadi tempat strategis untuk perusahaan asal India yang ingin menyimpan pajaknya. Seperti Cayman Island, Mauritius juga mempunyai pantai yang indah dengan pulau-pulau kecilnya.

3. Jersey
Pulau mungil yang terletak di perairan antara Inggris-Eropa ini sangat menggoda untuk perusahaan dari Inggris dan Eropa. Meski saat ini negara ini masih belum diakui termasuk Inggris atau Jerman, namun ekonomi negara tersebut tetap stabil akibat banyaknya turis yang berkunjung ke sana.

4. Luxemburg
Negara yang terletak di benua Eropa ini juga merupakan negara yang menyediakan bebas pajak untuk korporasi. Luxemburg juga sering disebut dengan "Death Star" di kepulauan Eropa.

5. Switzerland atau Swiss
Negara yang juga terletak di Eropa ini juga menawarkan kemudahan untuk pengusaha meringankan pajaknya. Swiss saat ini juga terkenal dengan kemakmurannya. Swiss dikenal dengan negara termakmur oleh investasi ketiga di dunia.

6. Singapura
Negara yang dekat dengan Indonesia menjadi surga bagi negara Barat yang ingin mengamankan pajaknya. Bahkan, Singapura menjamin kerahasiaan perusahaan tersebut di bawah lembaga hukum.
  Selain keenam negara tersebut, terdapat beberapa negara yang juga menjadi surga bebas pajak. Antara lain adalah British Virgin Island dan Irlandia.   


sumber : http://www.merdeka.com/uang/6-negara-surga-bagi-penggelap-pajak.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Welcome to my blog setelah membaca jangan lupa beri komentar ya dan jangan lupa share dan tambahkan tambahkan + pada google + (sebagai tanda terima kasih anda ) ^_^